Sport

Piala Dunia U-17 : Tim U-17 Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Jerman

Pemain tim U-17 Indonesia tiba di Jerman untuk menjalani pemusatan latihan plus sejumlah uji coba. Skuad asuhan Bima Sakti akan berada di Jerman hingga 23 Oktober. Tim Garuda Muda akan menetap di Borussia Muenchengladbach dan Borussia Dortmund yang akan menjadi tuan di Jerman.

Dikutip dari pssi.org, berkat kolaborasi antara Bundesliga Internasional dan PSSI, menghasilkan program pemusatan latihan sebagai bagian persiapan Piala Dunia FIFA U-17 di Indonesia mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pemusatan latihan dibutuhkan guna membangun hubungan erat antara Liga Sepakbola Jerman (DFL) dengan PSSI, menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara kedua organisasi itu pada Juni 2023.

Program pemusatan latihan tim U-17 ini berisi enam pertandingan melawan berbagai tim usia muda di Bundesliga degan tujuan meningkatkan skill dan kesadaran taktikal para pemain.

Proses pemusatan latihan berlangsng akan didampingi sekaligus dipantau konsultan pelatih yang juga mantan pemain Bundesliga dan pelatih, Frank Wortmuth.

Di Jerman, selain fokus persiapan ketat untuk Piala Dunia, para pemain juga mendapat kesempatan merasakan atmosfer dari kompetisi Bundesliga sebagai bagian dari pemusatan latihan mereka di Jerman.

Lihat juga Piala Dunia U-17 2023 ; Erick Thohir Pastikan Kemeriahan Acara Pembukaan di Gelora Bung Tomo

Menurut Peer Naubert, Chief Marketing Officer Bundesliga Internasiona, sejak bertahun-tahun, akademi usia muda Bundesliga sudah melahirkan beberapa nama besar di dunia sepakbola.

“Bekerja sama erat dengan klub dan berbagai pemangku kepentingan kami, inisiatif ini selaras dengan komitmen kami untuk mengembangkan bakat sepakbola global dan berbagi praktik terbaik dari sepak bola Jerman,’’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjukkan antusiasme atas program pemusatan latihan dan sejumlah uji coba yang akan dijalani tim U-17 Indonesia. Dikatakan, program pelatnas di Jerman akan menjadi bagian penting dalam persiapan tim menuju persaingan tinggi di level FIFA U-17 di mana ada negara-negara kuat di sepakbola dengan para pemain berbakat.

“Kami berterima kasih kepada komunitas Bundesliga serta kedua klub besar, yakni Borusia Muenchengladbach dan Dortmund atas keterlibatan yang tinggi dalam persiapan tim Merah Putih. Ini salah satu bentuk kolaborasi positif dalam mempererat hubungan antara Liga Sepakbola Jerman (DFL) dan PSSI. Kami butuh dukungan dan bimbingan dari sepakbola Jerman sehingga sepakbola Indonesia bisa mengikuti kesuksesan dan kemajuan Jerman di olahraga yang sangat populer ini,” ujar Erick. (red)


Discover more from banteninside

Subscribe to get the latest posts to your email.

Leave a Reply

Back to top button