Pilkada

Ini Jadwal Debat Calon Walikoya Serang, Panelisnya 5 Orang

BANTEN – KPU Kota Serang mengagendakan debat pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Serang di Pilkada 2024 diadakan sebanyak dua kali. Diharapkan masyarakat bisa menilai pemimpin yang terbaik melalui gagasan saat debat.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kota Serang, Ade Jahran mengatakan, direncanakan 29 Oktober dan 12 November.

“Tapi kita akan koordinasi dengan TV yang kita tunjuk, kita menyesuaikan jadwal, karena ini se-Indonesia khawatir penuh atau bentrok,” katanya di kantor KPU Kota Serang, Jumat, (11/10/2024).

Adapun untuk tema debat, kata Ade Jahran, terdapat tiga tema besar yaitu layanan dasar pada masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, dan sumber daya manusia (SDM).

Lihat juga KPU RI Ingatkan Calon Kepala Daerah Transparan Dalam Melaporkan Dana Kampanye Pilkada 2024

Dikatakan Ade Jahran, pertanyaan nantinya akan ditentukan detailnya oleh panelis. Ia juga mengungkapkan, pertanyaan yang akan ditanyakan ke paslon ketika debat nanti bersifat rahasia dan hanya panelis yang tahu.

“Nanti ada tata tertib sebenarnya, kita agendakan, yang jelas panelis nya itu orang yang profesional, akademisi juga, tokoh masyarakat yang tidak terafiliasi dengan partai dan paslon  kuncinya disitu. Setiap debat ada lima panelis,” tuturnya.

Ade Jahran menjelaskan, larangan pada saat debat bersifat normatif. Seperti tidak boleh meneriakkan yel-yel, membawa atribut, dan tidak boleh membawa jumlah massa banyak.

“Kita punya pengalaman di Pilpres kemarin. Jadi nanti bahasa asing, kepanjangan, akronim yang tidak boleh. Karena khawatir berbeda pemahaman,” terangnya.

Melalui debat ini, kata Ade Jahran, diharapkan masyarakat dapat menilai sejauh mana calon pemimpinnya. Paling tidak bisa mengaplikasikan program yang dianggap bagus, jangan sampai nanti masyarakat tidak mengetahui gagasan calon pemimpinnya.

Seperti diketahui, di Pemilihan Walikota Serang pada Pilkada 2024 ini terdapat 3 pasangan calon. Yaitu pasangan nomor urut 1 Ratu Ria Maryana-Subadri Usuludin, nomor urut 2 Budi Rustandi-Nur Agis Aulia, dan pasangan nomor urut 3 Syafrudin-Heriyanto Citra Buana. (ukt)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats