Pilkada

Bertemu Nelayan di Pelabuhan Ketapang, Andra Soni Ingin Wujudkan Kesejahteraan Nelayan dan Petani

BANTEN – Calon Gubernur Banten Andra Soni bersilaturahmi dengan nelayan di Kampung Nelayan Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu 12 Oktober 2024.

Setibanya di lokasi Andra Soni disambut emak-emak yang sudah menunggu kedatangan Andra Soni. Mereka langsung menghampiri Andra Soni sambil meneriakan yel-yel “Gubernur Banten, Andra Soni”.

Selesai menyapa emak-emak, Ketua DPRD Banten periode 2019-2024 ini menuju perahu nelayan. Di sini ia berdialog bersama nelayan. Dengan suasana gerimis, Andra Soni mendengarkan aspirasi yang disampaikan nelayan secara bergantian.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Ranting Mauk, Kabupaten Tangerang, Alpian mengatakan, terdapat kurang lebih 1.200 kepala keluarga (KK) yang ada di kampung nelayan tersebut. Sumber pengasilan utama mereka dari profesi sebagai nelayan yang menggunakan alat tradisional.

“Sebagian besarnya menjadi nelayan. Mencari kehidupan dari luat,” katanya.

Lihat juga Pegiat Pemilu Ingatkan Bahaya Mobilisasi ASN dan Birokrat

Ia menyampaikan harapannya kepada Andra Soni untuk memperjuangkan kesejahteran nelayan. Ia ingin nelayan mendapatkan bantuan alat-alat modern agar lebih mudah menangkap ikan. “Pembangunan (pesisir) juga harus mengedepankan sisi kemanusiaan para nelayan,” tuturnya.

Andra Soni juga diharapkan tetap menjadi pribadi yang mau mendengar aspirasi masyarakat. “Anggap kami ini anak bapak, artinya tidak ada batasan ketika bicara menyampaikan keinginan. Karena untuk nelayan ini harus ada peran pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Andra Soni mengaku sependapat bahwa kemajuan nelayan harus mendapatkan perhatian dari pemerintah, termasuk dari pihak swasta. Gubernur harus mengkoordinasikan itu semua agar kemajuan nelayan dapat di wujudukan. “Pemerintah tugasnya melayani rakyatnya, bukan mencari untung,” ucapnya.

Ia mengaku memberikan perhatian terhadap nelayan dan petani. Keduanya harus sejahtera karena menjadi garda terdepan dalam
ketahanan pangan di Banten. “Nelayan dan petani kita harus berdaya saing, antara lain didukung alat-alat yang modern. Petani dan nelayan di Banten harus menjadi nelayan yang maju,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan tersebut Andra Soni ditemani Ketua DPC Demokrat Kabupaten Tangerang M. Nawa Said Dimyati.***

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats