Banten

Harga Cabai di Kota Serang Naik, Saat Ini Capai Rp90.000 per Kilogram

BANTEN – Harga cabai khususnya untuk jenis rawit dan rawit merah saat ini terus mengalami kenaikan salah satunya di Pasar Lama, Kota Serang.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pedagang di Pasar Lama, Asimah menyebutkan jika saat ini harga cabai rawit dan cabai rawit merah mencapai angka Rp90.000 per kilogram yang sebelumnya hanya Rp80.000 per kilogram. Kenaikan tersebut terjadi secara perlahan sejak sepekan terakhir.

“Ada kayaknya 3 atau 4 hari (mengalami kenaikan harga),” kata Asimah saat ditemui di Pasar Lama, Kota Serang, Selasa, (23/07/2024).

Asimah mengungkapkan, akibat harga yang terus merangkak naik mempengaruhi pada daya beli masyarakat. Sehingga menurunkan omset pendapatannya.

“Paling ada yang beli seperempat atau beli Rp5.000 sedapetnya,” katanya.

Akibat kenaikan harga, ungkap Asimah, ia mengaku sering diprotes oleh pembeli karena harganya yang terus mengalami kenaikan.

“Stoknya kurang, karena panas kayaknya.
Pada proteslah pembeli juga. Kemarin (harganya) segini sekarang segini, disangkanya kita yang naikin,” keluhnya.

Bukan hanya cabai rawit merah, Asimah juga mengungkapkan bahwa kenaikan harga juga terjadi pada komoditas lainnya. Seperti cabai keriting saat ini Rp60.000/kilogram sebelumnya Rp40.000/kilogram, cabai merah besar Rp50.000/kilogram sebelumnya Rp35.000/kilogram, dan bawang putih saat ini Rp45.000/kilogram sebelumnya Rp35.000/kilogram.

Lihat juga Pemkot Serang Ingin Selesaikan Masalah SDN Kuranji Lewat Pengadilan

Sementara itu, kata Asimah, tomat dan bawang putih saat ini sedang mengalami penurunan harga. Sebelumnya tomat Rp20.000/kilogram namun saat ini hanya Rp10.000/kilogram. Sedangkan bawang putih saat ini Rp35.000/kilogram.

“Ya harapannya harga-harga cepet turun, cepet stabil. Karena disinimah (Pasar Lama) meskipun harga-harga stabil juga pembelinya kurang terlalu banyak,” imbuhnya.

Senada dengan Asimah, pedagang lainnya, Lasi menyebutkan jika saat ini harga cabai rawit merah sedang mengalami kenaikan. Padahal beberapa bulan lalu hanya Rp60.000/kilogram.

“Sekarang Rp90.000/kilogram, sebulan atau dua bulan lalu mah masih Rp60.000/kilogram,” sebutnya.

Menurut Lasi, kenaikan harga tersebut disebabkan oleh pasokan cabai yang kurang dari petani. Sehingga membuat harga di pasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats