Sport

Angkatan Atlet Angkat Besi Banten Meningkat

BANTEN – Angkatan lifter angkat besi Banten terus meningkat. Terbaru, saat menjalani tes angkatan dalam rangka melihat perkembangan latihan menunjukkan peningkatan yang bagus lantaran total angkatan naik hingga tiga kilogram.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi Indonesia (Pengprov PABSI) Banten, Muhamad Yasin didampingi Manajer tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Banten Haridoyo menuturkan, dalam tes angkatan yang digelar Senin (1/1/2024), sejumlah lifter menunjukkan peningkatan angkatan dibandingkan kisaran empat bulan lalu saat menggelar tes angkatan di Tangerang.

“Tes angkatan ini merupakan tes rutin yang kami lakukan kisaran tiga hingga empat bulan sekali untuk melihat data terbaru angkatan atlet setelah menjalani latihan yang kami programkan,” ungkapnya.

Lihat juga BWF World Tour Finals 2023: Evaluasi Serius Atlet dan Pelatih

Ia menuturkan, jika dalam tes angkatan kemarin misalnya angkatan snatch untuk kelas 64 kilogram atas nama Yuda, terakhir 117 kilogram dan clean and jerk kisaran 137 maka dalam tes terbaru mampu mengangkat snatch mencapai 119 dan angkatan clean and jerk 140 kilogram.

“Rata-rata memang mengalami kenaikan di angkat tersebut untuk lifter yang lainnya. Itu menandakan kemampuan mereka meningkat dan akan terus berkembang untuk tes selanjutnya,” ucapnya.

Dia menerangkan, untuk meningkatkan angkatan lifter bukan hal yang mudah karena butuh kekuatan otot dan latihan rutin. Untuk angkat besi sendiri tidak bisa dipungkiri jika latihan tidak teratur dan pola latihannya tidak bagus tidak akan angkatan meningkat.

“Pola latihan tidak bisa dibohongi. Sampai sekarang lifter telah mengikuti program yang telah diberikan pelatih. Saya berharap terus meningkatkan latihan agar angkatan semakin bagus lagi empat bulan ke depan,” tegasnya.

Diikuti Para Lifter

Tes angkatan sendiri diikuti oleh kisaran delapan lifter pria dan enam lifter wanita yang digelar di Buldog Gym mulai pagi hingga sore pukul 16.00 WIB. Yang mengikuti tes angkatan tersebut atlet PPLP dan atlet yang akan berkiprah di PON Aceh dan Sumatera Utara.

“Kami fokuskan juga untuk atlet PON yang akan berangkat. Hasilnya angkatan mereka pun mengalami peningkatan namun tidak banyak. Masih ada waktu dan kami akan mengejar latihan agar angkatan mereka bisa maksimal sehingga nanti bisa pulang membawa medali dari PON,” imbuhnya. (rf)


Discover more from banteninside

Subscribe to get the latest posts to your email.

Leave a Reply

Back to top button