Banten

Sambut Natal dan Tahun Baru 2024, Sebanyak  8 Pos Pengamanan Disiapkan di Kota Serang

BANTEN – Pemkot Serang siapkan 8 pos pengamanan dan pelayanan untuk natal dan tahun baru 2024.

Hal itu diungkapkan  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin saat rapat koordinasi bersama Forkopimda Kota Serang.

Nanang mengatakan, Pemkot Serang menyiapkan sebanyak 8 pos pengaman dan pelayanan yang nantinya di pos tersebut akan padu padan antara semua unsur seperti Kepolisian, Kodim, Satpol-pp, BPBD, dinas kesehatan dan juga dari PMI.

“Kita siapkan 8 pos-pos untuk pengamanan. Di pos itu padupadan semua unsur Forkopimda,” kata Nanang di Pemkot Serang, Jumat, (22/12/2023).

Lihat juga Pemkot Serang Usulkan Bantuan Sambungan Air Minum Ke Kementerian PUPR

Nanang mengungkapkan, pos pengamanan dimulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024. Pada saat malam natal, kata Nanang, petugas pengamanan akan melakukan sterilisasi tempat ibadah (Gereja) yang ada di Kota Serang.

“Untuk tahun baru Walikota akan membuat surat edaran agar masyarakat tidak merayakan secara hura-hura sementara kota serang masih banyak masyarakat miskin ekstrem. Lebih baik kita himbau daripada bakar petasan, bakar-bakaran, lebih baik kita sumbangkan pada saudara kita yang tidak mempunyai kemampuan secara ekonomi,” ungkap Nanang.

Nanang mengklaim umat beragama di Kota Serang sangatlah toleran. Karena sejak dulu sudah diajarkan untuk toleransi seperti berdirinya Vihara dan Masjid Agung Banten di Banten Lama.

“Kita saling menghormati dan ini hal yang biasa termasuk toleransi umat beragama. Saya rasa di Kota Serang itu sudah dibangun toleransi yang sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Serang Kota Kompol Lis Handaya mengatakan, 8 Pos pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kota Serang tersebar mulai dari Terminal Pakupatan, Kota Serang Baru (KSB), Rest Area Bogeg A dan B, Cipocok 2 pos pam, Kasemen, dan Alun-alun Barat Kota Serang tepatnya di depan Pendopo Bupati Serang.

“Pos yang lebih besar dan formasinya yang lebih lengkap itu di Alun-alun kota depan Pendopo Bupati Serang,” jelasnya.

Terkait pengamanan rumah ibadah saat Natal, kata Lis Handaya, pihaknya akan melakukan sterilisasi rumah ibadah. Salah satu antisipasinya adalah menempatkan petugas penjinak bom (Jibom).

“Setelah sterilisasi kami tempatkan personil disana 4 personil untuk menjaga tempat itu digunakan ibadah,” katanya.

Lis Handaya menambahkan, biasanya pada tanggal 25 Desember pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Alun-alun Kota Serang karena disitu banyak tempat ibadah.

“Disitu ada beberapa gereja yang terkumpul disana. Otomatis untuk parkir dan arusnya akan kita alihkan juga tetapi menunggu dari korlantasnya,” imbuhnya. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats