Sport

Tingkatkan Kapasitas Pelatih, 120 Pelatih Ikuti Pelatihan Kompetensi

  1. BANTEN – Kapasitas pelatih cabang olah raga dalam naungan Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang terus diasah.

Salah satu upanyanadalau kegiatan Peningkatan Kompetensi Pelatih di Aula Hotel Puri Kayana pada Sabtu (9/12/2023) yang diikuti 120 pelatih yang berasal dari 60 cabang olah raga (cabor).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang Sarnata didampingi oleh Ketua Umum KONI Kota Serang AKBP (Purn) Edy Irianto S.H., M.M.

Agenda sendiri berlangsung dengan interaktif antara peserta dengan para narasumber karena KONI Kota Serang menghadirkan tiga pemateri, dua dari jurusan Ilmu keolahragaan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan seorang dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Lihat juga Banten Rebut 19 Medali di Kejurnas IBCA-MMA 2023

Dari Untirta ada Fachrudin Perdana yang membawakan materi penatalaksanaan gizi dan diet untuk menunjang program latihan yang optimal pada atlet cabang olah raga beladiri, terukur, akurasi dan permainan.

Lalu Ida Zubaida tentang cidera olah raga dan proses rehabilitasi. Bila dari UPI Bandung, Dikdik Zafar Sidik yang membawakan materi periodesasi program latihan fisik.

“Pengetahuan saya jadi banyak bertambah ini, terutama tentang gizi dan diet bagi atlet. Alhamdulillah, KONI melaksanakan Peningkatan Kompetensi Pelatih tepat sasaran, ilmu yang sangat bermanfaat,” papar Pelatih Angkat Besi Kota Serang, Agan Sugandi.

Hal Senada disampaikan Pelatih Sepeda Kota Serang, Hendro Agus Pramono. “Semoga bisa terlaksana satu tahun dua atau tiga kali, karena kami memang perlu wawasan baru tentang kepelatihan,” ucapnya.

Tingkatkan SDM

Sementara Ketua KONI Kota Serang, AKBP (Purn) Edy Irianto S.H., M.M menerangkan, tujuan dari peningkatan kompetensi dan kapasitas Ppelatih itu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pelatih Kota Serang guna menghadapi sejumlah event olah raga ke depan.

“Peningkatan Kompetensi Pelatih bertujuan untuk menghadapi sejumlah event olah raga, khususnya untuk Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 di Kota Tangerang Selatan, di mana Kota Serang ingin mengembalikan kejayaan. Minimal harus berada diurutan tiga besar. Dan nantinya kami akan inventarisir pelatih yang bersertifikat,” katanya saat ditemui usai membuka Peningkatan Kompetensi Pelatih.

Dia menambahkan, guna meningkatkan prestasi Kota Serang, kualitas pelatih yang mumpuni mutlak diperlukan. Karena mulai dari sini nanti para pelatih dapat mencetak atlet yang juga berkualitas dan berprestasi. “Ini baru tahap awal, nanti kami tindak lanjuti lagi agar kualitas pelatih semakin matang,” pungkasnya. (rf)


Discover more from banteninside

Subscribe to get the latest posts to your email.

Leave a Reply

Back to top button