Pilkada

Targetkan Partisipasi Pemilih 75 Persen, KPU Kabupaten Serang Alokasikan Miliaran Rupiah untuk Sosialisasi Pilkada

BANTEN – KPU Kabupaten Serang targetkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024 capai 75 persen. Untuk mencapai target tersebut, KPU Kabupaten Serang akan menggelontorkan banyak anggaran dan bekerjasama dengan banyak pihak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Anggota KPU Kabupaten Serang Ichsan Mahfuz. Ia mengungkapkan, target partisipasi pemilih pada Pilkada Kabupaten Serang 2024 sebanyak 75 persen.

Ichsan menyebutkan, angka partisipasi di Pilkada 2024 ditargetkan pada angka 75 persen karena di Pilkada Kabupaten Serang 2024 hanya mencapai 64 persen.

“75 persen karena kita berangkat dari asumsi dari (Pilkada) 2020 lalu hanya 64 persen. Di Pilpres (2024) kemarin 85 persen, paling kita naikin di Pilkada (2024) itu dari 64 persen ke 75 persen,” ucapnya saat dihubungi, Sabtu, (22/06/2024).

Lihat juga Peluncuran Jingle dan Maskot Pilkada Kabupaten Serang Dinilai Hamburkan Uang

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kata Ichsan, pihaknya akan bekerjasama dengan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Sosialisasi tersebut dilakukan secara langsung ataupun melalui media sosial.

“Upaya salah satunya kemarin kita mengadakan launcing jingle dan maskot. Itu bagian untuk menyentuh masyarakat kita,” ungkapnya.

Ichsan menyebutkan pada peluncuran jingle dan maskot KPU Kabupaten Serang menghabiskan biaya sekitar Rp400 juta. Selain itu, kata dia, dalam satu kegiatan sosialisasi mengeluarkan anggaran yang variatif. Hal tersebut tergantung jenis kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU.

Namun, kata Ichsan, anggaran sosialisasi Pilkada Kabupaten Serang tidak lebih dari Rp10 miliar.

“Kita belum lihat pastinya ya cuma ada anggarannya. Cuman saya tidak tahu secara detail. Gak nyampe (Rp10 miliar anggaran sosialisasi selama Pilkada),” katanya.

Diketahui, berdasarkan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), anggaran hibah Pilkada KPU Kabupaten Serang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sebesar Rp56,7 miliar. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats