Sport

Asian Games 2022 : Cabor Wushu dan Rowing Sumbang Medali

Medali perak diraih Tim Indonesia dari cabang olahraga wushu melalui Edgar Xavier Marvello saat tampil di XSG Sport Center, Minggu (24/9).

Edgar mendapatkan skor 9,786 dari juri. Saat tampil Edgar baru saja sembuh dari cidera. Dia kalah dari wakil tuan rumah China, Sun Peiyuan, yang meraih skor 9,840. Di urutan ketiga direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760.

Dikutip dari https://nocindonesia.id, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia Ngatino mengaku bersyukur atas raihan atletnya. “Kita bersyukur membuka pertandingan wushu ini Edgar bermain luar biasa dengan semangat tinggi. Tentunya ini jadi motivasi untuk yang lain,” kata Ngatino yang menyaksikan lagsung perjuangan Edgar.

Ngatino menambahkan, pada penampilan di Asian Games 2022 Hangzhou kali ini, selain berjuang melawan musuh-musuhnya di arena pertandingan, Edgar yang merupakan peraih medali emas di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu, juga harus berjuang melawan kondisi kesehatannya sendiri.

Kata Ngatino, “Dia sudah berjuang walaupun dengan kondisi kesehatannya akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat atlet sehingga itu bisa dilalui.”

Semua pengurus yang mendampingi, imbuhnya, khawatir dengan kondisi Edgar. “Tetapi Alhamdulillah ini bisa dilalui dengan baik,” ujarnya.

Ngatino megnaku optimis wushu masih akan membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali bagi Indonesia. Dia berharap semua harus maksimal dan harus punya peluang. “Tidak melihat lawannya siapa, karena kita tidak tahu di lapangan apa yang akan terjadi,” tutup Ngatino.

Sebelumnya, medali juga diperoleh dari cabor Rowing. Dari nomor lightweight women double sculls, pedayung Merah Putih Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri berhasil meraih medali perunggu usai mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik usai mendayung sejauh 2000 meter. Medali emas diraih wakil China dan perak direbut Uzbekistan.

Atas hasil ini Manajer Timnas Rowing Budiman Setiawan mengaku sudah sesuai harapan. “Mereka bisa menang dari awal, mereka tidak terburu-buru dan menerapkan irama-irama yang  sudah dilatih. Jepang dan Iran saling mengalahkan, waktu finisnya tipis,” katanya.

Budiman optimistis, tim rowing Indonesia masih membuka peluang untuk menambah medali.

Sebagai informasi, hingga 24 September 2023, pukul 20.08 WIB , Indonesia berada di urutan 8 kalsemen sementara perolehan medali Asian Games 2022 dengan 1 medali perak dan 3 perunggu. (red)


Discover more from banteninside

Subscribe to get the latest posts to your email.

Back to top button