Pilkada

Muda Berdaya Hingga Gen Banten, Atasi Pengangguran ala Airin-Ade

BANTEN – Calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany menggelar silaturahmi dengan masyarakat Kota Cilegon dalaam agenda kampanyenya pada Selasa (01/10/2024), dengan menyampaikan program pengentasan pengangguran di Banten. Pasangan ini menyuguhkan program Muda Berdaya, Gen Banten, Kreasi, hingga Sekolah Vokasi.

Airin mengatakan, salah satu tantangan pembangunan Banten adalah pengentasan angka pengangguran dan mengaku sudah menganalisa masalah dan membuat rencana program untuk bidang ketenangakerjaan.

“Ada dua sisi dalam pengentasan pengangguran. Yakni pembukaan lapangan pekerjaan dan menciptakan generasi yang siap mengembangkan usaha atau berjiwa entrepreneur. Melalui program Muda Berdaya, kami akan memberikan pelatihan gratis dan supporting system bagi generasi muda dalam mengembangkan usaha. Kami akan membuka peluang dan wadah bagi para pemuda di dunia ekonomi kreatif,” ujar Airin.

Selain itu, tambah Airin, program Kreasi mendorong inkubasi bisnis dengan mengintegrasikan industri besar dan sedang (IBS) dengan industri mikro dan kecil (IMK). Integrasi ini dilakukan untuk mengembangkan produk-produk lokal dan mendorong skema pembiayaan inovatif dan bantuan modal bagi startup dan UMKM di Banten.

Lihat juga Sekolah Gratis Solusi atasi Kemiskinan di Banten, Andra Soni : Pendidikan yang Adil dan Merata

Lalu program Generasi Banten Berkompeten (Gen Banten). Melalui program ini, Airin-Ade akan mengoptimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) dan Mobile Training Unit (MTU) sebagai sarana pelatihan kerja.

“Mengembangkan sekolah vokasi berbasis kebutuhan kerja. Ke depan, sekolah kejuruan harus hadir sesuai dengan potensi daerah. Bekerja sama dengan sektor industri,” ujarnya.

Mantan Walikota Tangerang Selatan ini menyatakan bahwa pengentasan pengangguran merupakan masalah yang terkoneksi dengan program pengembangan ekonomi. (red)

.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats