Pilkada

Modal 6 Kursi, PKS Kota Serang Jajaki Koalisi Hadapi Pilkada 2024

BANTEN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Serang nasih menjajaki arah koalisi menghadapi Pemilihan Serentak atau Pilkada Kota Serang 2024.

Ketua DPD PKS Kota Serang Hasan Basri mengaku masih belum menentukan sikap akan berkoalisi dengan partai politik mana. Namun, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan berkoalisi kembali seperti pada Pemilu 2024 bersama Partai Nasdem dan PKB.

“Koalisi Pilkada belum, ini dengan Nasdem kita belum ketemu. Oh iya iya, kita mau ketemu sama Nasdem,” ujarnya ditemui usai rapat paripurna di gedung DPRD Kota Serang, Kamis, (28/03/2024).

Hasan Basri mengungkapkan, pihaknya sempat mendapatkan rekomendasi dari partai untuk maju sebagai Calon Walikota Serang pada Pilkada Kota Serang 2024. Akan tetapi, setelah melakukan survei popularitasnya belum meningkat.

“Nanti kita lihatlah, yang pasti kita sudah sosialisasi dulu dan itu harus kita evaluasi. Saya memang sempat direkomendasikan, tapi memang hasil surveinya belum menggembirakan. Nah inilah yang mungkin kita akan kaji lagi,” pungkasnya.

Lihat juga Pemilu Belum Beres, Kerja KPU Bertambah dengan Dimulainya Tahapan Pemilihan Serentak 2024

Menurut Hasan Basri, pihaknya harus realistis dalam menentukan calon ataupun dukungan pada Pilkada Kota Serang 2024. Salah satu pertimbangan yang harus dilakukan yaitu dengan melihat popularitas calon yang akan maju pada Pilkada. Ia menerangkan, untuk mencalonkan kader internal partai harus melalui kajian terlebih dahulu.

“Kader itu nanti kita kaji siapa yang memungkinkan dan sebagainya, terus kalau koalisi kita dengan siapa. Itu semua ada hitung-hitungannya,” kata Hasan Basri.

Dikatakan Hasan Basri, pada Pemilu 2024 PKS mendapatkan 6 kursi DPRD Kota Serang dari total 45 kursi yang diperebutkan. Meskipun mendapatkan 6 kursi, PKS harus tetap berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon Walikota dan Wakil Walikota karena belum memenuhi syarat keterwakilan 20 persen.

“Kurang tiga kursi lagi. Harus koalisi tidak bisa sendiri. Kalaupun kita satu tiket tetap harus koalisi, harus kolaborasi dengan siapapun,” ujarnya.

Seperti diketahui, masyarakat Kota Serang akan melakukan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 27 November 2024 mendatang. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats