Banten

Bupati Serang Akui Kesulitan Tangani Sampah

BANTEN – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengakui pihaknya kewalahan mengatasi persoalan sampah yang ada di Kabupaten Serang.

“Ya ini yang sering saya sampaikan juga di Kabupaten Serang ini persoalan sampah persoalan yang sangat luar biasa. Sampai kita menyampaikan kita sedang dalam kondisi darurat sampah,” kata Tatu usai menghadiri Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD penerima beasiswa APBD Kabupaten Serang di salah satu hotel di Kota Serang, Jumat (19/07/2024).

Tatu mengakui mengalami kesulitan untuk membuang sampah Kabupaten Serang karena tidak memiliki Tempat Pembuangan Sampah Akhri (TPSA).

Lihat juga Ada Sungai Sampah di Kabupaten Serang

Selain itu, kata Tatu, pihaknya juga tidak menjalin kerjasama dengan Kabupaten/Kota manapun terkait pengelolaan sampah Kabupaten Serang, sehingga memperburuk persoalan sampah di Kabupaten Serang.

“Kami tidak punya TPSA seperti yang saya sampaikan. Kita untuk akses ke Kabupaten/Kota lain untuk bisa dibantu ini sangat susah,” terangnya.

Tatu juga turut menanggapi persoalan yang ada di Sungai Peng, Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa. Tatu mengklaim bahwa sungai tersebut sudah ditangani oleh DPUPR Kabupaten Serang dan juga Dinas Lingkungan Hidup.

Tatu juga mengungkapkan, pihaknya juga turut mengajak masyarakat sekitar untuk membersihkannya.

“Ini yang perlu kita ingatkan perilaku masyarakat. Karena bagaimanapun mereka yang menghasilkan sampah. Mereka harus bertanggungjawab terhadap sampahnya tidak melempar ke sungai seperti ini,” tegasnya.

Upaya lainnya, kata Tatu, yaitu melalui program lomba kampung bersih dan aman. Ini sebagai upaya untuk merubah kebiasaan masyarakat agar peduli terhadap sampah yang dihasilkan.

“Tidak bisa sampah yang dihasilkan oleh masyarakat semua yang bertanggungjawab pemerintah. Karena jumlahnya luar biasa. Mereka harus menyelesaikan sendiri, semaksimal mungkin yang mereka bisa,” jelasnya.

Tatu juga mengatakan, solusi yang saat ini sedang diupayakan oleh Pemkab Serang adalah sesegera mungkin mendapatkan lokasi TPSA.

“Segera mendapatkan lokasi untuk TPSA dalam waktu dekat,” imbuhnya. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats