Banten

Kondisi Gedung SDN Suci Kota Serang Rusak Berat dan Bahayakan Siswa, Pj Walikota Ngarep CSR untik Perbaikan

BANTEN – Kondisi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suci yang berlokasi di Kampung Suci, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang sangat memprihatinkan dan masuk kategori rusak berat.

Berdasarkan pantauan banteninside.co.id di lokasi, kondisi SDN Suci sangatlah memprihatinkan. Sebagian besar dinding retak, plafon lepas, serta genteng yang banyak berjatuhan. Tak hanya itu, sekolah tersebut juga hanya memiliki 1 kamar mandi untuk digunakan seluruh siswa mulai kelas 1-6.

Kepala SDN Suci Dedi Salahudin mengatakan, hampir semua ruangan di SDN Suci sudah rapuh, sehingga membutuhkan renovasi. Dia khawatir, kondisi ini akan membahayakan siswa apalagi memasuki musim penghujan.

Dedi menyebutkan, jumlah siswa di SDN Suci sebanyak 415 siswa, mulai kelas 1-6 danhanya ada satu kamar mandi yang diperuntukkan bagi semua siswa.

“Semuanya rusak berat. Karena sudah lama tidak ada rehab dari pemerintah. Sudah 5 tahun ke belakang (rusak). 8 tahun (lalu) lebih rehabilitasi terakhir,” katanya di SDN Suci, Selasa, (06/08/2024).

Lihat juga Pemkot Serang Ingin Selesaikan Masalah SDN Kuranji Lewat Pengadilan

Dedi mengungkapkan, bangunan yang paling rusak berat yaitu bangunan kelas 5 dan 6 yang kondisi atapnya sudah rapuh. Ketika hujan, para siswa terpaksa harus dikeluarkan dari ruang belajar, khawatir atapnya ambruk dan menimpa siswa.

Dedi juga mengatakan, ada satu ruangan yang sebelumnya diperuntukkan kantin sekolah terpaksa disulap menjadi ruang belajar, sebab jumlah ruangan hanya ada 7 kelas, sedangkan di sekolah tersebut terdapat 12 rombongan belajar (romble).

“(Yang lesehan) Tadinya buat kantin. Karena romble banyak sehingga kami memaksakan untuk belajar,” imbuhnya.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Walikota Serang Yedi Rahmat mengaku akan memprioritaskan SDN Suci untuk segera diperbaiki.

“Prioritas untuk pembangunan dimanapun kita mencari anggaran mudah-mudahan ada,” tuturnya.

Namun, Yedi tidak bisa memastikan apakah SDN Suci akan diperbaiki tahun ini atau tahun depan, mengungat kondisi APBD Kota Serang yang tidak memungkinkan.

“Beberapa ruangan tadi harus cepat diselesaikan agar KBM nyaman. Mudah-mudahan ada beberapa yang mau memberikan CSR,” imbuhnya. (ukt)

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats