Nasional

Jadikan Rumah Mewah di Serang Pabrik Narkoba Senilai Ratusan Miliar, Pelaku Terancam Hukuman Mati

BANTEN – Temuan produksi narkoba golongan I jenis PCC di sebuah Rumah mewah yang digerebek Badan Narkotika Nasional (BNN) RI beberapa waktu lalu, nilainya mencapai Rp145 miliar.

Hal ini diungkap BNN RI dalam konfrensi pers, Rabu (2/10/2024) di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berlokasi di Lingkungan Gurugui, Kelurahan Lialang, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Hadiri Kepala BNN RI beserta jajarannya, Kepala BNNP Banten, Danrem 064, Ketua MUI Banten, dan Tokoh Masyarakat.

Lihat juga Digerebek BNN, Rumah Mewah di Kota Serang Diduga Jadi Tempat Produksi Pil Ekstasi

Direktur Psikotropika dan Prekursor BNN, Brigjen Pol Aldrin Marihot Pandapotan Hutabarat mengatakan, penggerebekan rumah mewah tersebut dilakukan Jumat (27/9/2024) lalu.

Total tersangka yang diamankan berjumlah 10 orang termasuk otak kriminal BY yang ternyata merupakan narapidana dan sudah ditahan sejak 2023 lalu di Tangerang. Dari balik jeruji, BY disebut masih bisa mengendalikan operasi bisnisnya.

Aldrin mengatakan, BY bersama istri ketiganya RY dan anak dari istri pertamanya sudah dari bulan Juli 2024 lalu memproduksi narkoba di rumah tersebut.

“Pada Jumat BNN melakukan penyelidikan dengan melakukan pemantauan terhadap 16 karung yang dikirim melaluli jasa ekspedisi. Dari hasil pemeriksaan diketaui karung tersebut berisi 960.000 pil putih yang setelah dilakukan uji lab pil tersebut mengandung narkotika jenis PCC,” katanya saat konferensi pers.

Dikatakan Aldrin, dari sana BNN melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tersangka DD yang saat itu akan mengirimkan paket. Setelah itu dilakukan penggeledahan di rumah tersebut yang ternyata jadi laboratorium produksi narkoba. Di situ ada sisa hasil produksi Pil PCC sebanyak 11 ribu butir dan bentuk serbuk seberat 2.800 gram ditemukan di dalam rumah.

Aldrin menyebutkan, para tersangka yang berhasil diamankan dari pengembangan yaitu DD berperan sebagai pengirim paket , AD pengawas produksi, BN pemasok bahan, RY koordinator keuangan, FS berperan sebagai buyer, BY otak pengendali, AC pengemas hasil jadi, JF sebagai koki, HZ pemasok bahan, dan LF pemasok bahan dan pengemas hasil jadi.

Dari penggeledahan tersebut, kata Aldrin, BNN juga berhasil menyita empat mesin cetak tablet otomatis yang per jamnya dapat menghasilkan 2.000 sampai 15.000 butir pil. Satu mesin pencampur, satu unit mixer kecil, dua buah ayakan, dan satu vacum sealing untuk membungkus tablet yang siap edar.

“Berdasarkan keterangan Tersangka berinisial BY, diketahui bahwa mesin cetak pil tersebut dibeli pada tahun 2016 dan 2019 seharga Rp 80 juta sampai dengan Rp 120 juta, sedangkan untuk mesin mixer (pengaduk) dibeli pada tahun 2016 seharga Rp 17,5 juta. Semua mesin-mesin tersebut dibeli secara langsung kepada seseorang yang berinisial IS,” ujar Aldrin.

Aldrin juga mengatakan, tersangka JF yang berperan sebagai koki sejak awal produksi di rumah tersebut telah memprodusi Pil PCC sebanyak 6,9 juta butir.

“Total keseluruhan barang bukti pil PCC, baik yang ada di rumah produksi (TKP) maupun yang akan didistribusikan berjumlah 971.000 butir, untuk harga pasaran pil PCC perbutirnya yaitu seharga Rp150 ribu bila dikalikan dengan jumlah barang bukti saat ini maka akan bernilai Rp145 miliar,” sebutnya.

Selain PCC, ungkap Aldrin, barang bukti yang diamankan juga termasuk obat-obatan jenis tramadol dalam bentuk serbuk sebesar 75.000 gram atau 75 kilogram. Serbuk tersebut bisa menghasilan 1,5 juta tablet, sementara harga tramadol per butirnya Rp10 ribu sehingga total yang bisa dihasilkan senilai Rp15 miliar. obat jenis lainnya yaitu Trihexphenidyl sebanyak 2,79 juta butir yang per butirnya Rp2000, total nilainya yaitu Rp5,4 miliar. barang bukti selain PCC akan diberikan kepada BPOM RI.

“Pengungkapan kasus penemuan clandestine laboratory ini merupakan bagian dari upaya BNN dalam memberantas peredaran gelap narkotika dan melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkotika terutama di daerah yang memiliki posisi geostrategis sebagai lintasan perdagangan nasional maupun internasional serta berpotensi sebagai lokasi aglomerasi perekonomian dan pemukiman,” pungkasnya.

Akibat perbuatnnya, para tersangka dijerat dengan n Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) subsider Pasal 113 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) lebih subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup. (ukt)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Home
Search
Daftar
Laporkan
Stats